Mahasantri CSSMoRA ITS Raih Dua Kemenangan dalam Lomba IDEAthon

28/07/2020 by

Mahasantri CSSMoRA ITS Raih Dua Kemenangan dalam Lomba IDEAthon

Ihdiannaja yang biasa dipanggil Naja adalah salah satu Mahasantri CSSMoRA ITS yang baru-baru ini meraih dua prestasi membanggakan. Pada lomba pertama yakni IDEAthon yang diselenggarakan oleh Menristekdikti, tim Curhatin yang merupakan tim beranggotakan mahasantri ini berhasil masuk ke dalam 17 kategori ide terbaik. Pada lomba kedua yakni Ideathon yang diadakan oleh MMA (Mobile Marketing Association) melalui IncubateIND, naja kembali dengan timnya berhasil masuk kedalam 10 kategori ide terbaik. 

IDEAthon sendiri merupakan lomba ide atau inovasi tingkat nasional yang pada tahun ini membawa tema “Inovasi Indonesia dalam Menghadapi Covid-19”. Lomba IDEAthon sendiri telah diselenggarakan dari tanggal 8 April 2020 hingga berakhir dengan pengumuman hasil pemenang pada tanggal 8 Juli 2020. Melalui Zoom Video Conference, 17 peraih ide terbaik yang mana termasuk tim Curharin diumumkan oleh Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek-BRIN). Dari 5590 proposal yang terkumpul dalam lomba ini, proposal dari tim Curhatin merupakan salah satu proposal yang berhasil dikategorikan sebagai pencetus ide terbaik yang selanjutnya didanai agar ide yang dipaparkan dapat diimplementasikan di lingkungan masyarakat. Inovasi yang terkandung dalam proposal ini adalah pembuatan aplikasi Curhat.in yang merupakan startup psikologi meditasi dan konseling secara daring. Ide ini digagas berdasarkan kondisi masyarakat yang mana masih banyaknya jumlah kasus mental illness dan keengganan masyarakat dalam menceritakan masalah pribadi mereka secara langsung. 

Adapun lomba Ideathon yang diadakan oleh MMA adalah lomba berskala internasional dan pada saat ini berfokus pada 5 problem statement. Tim yang dipimpin oleh Juwono Priambodo ini mengambil “Enhancing Quality of Life and Contributing to a Healthier Future” sebagai problem statement. Lomba ini diselenggarakan dari tanggal 1 Juni 2020 hingga tanggal 26 Juli 2020 dan ditutup dengan pengumuman pemenang yang mana tim Curhatin Indonesia masuk sebagai peraih 10 ide terbaik di kategori tersebut. Dari kedua kompetisi yang berhasil dimenangkan ini, menurut Naja tahap pengimplementasian ide adalah tahap yang paling menantang untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan tahap implementasi adalah tahap yang paling banyak memerlukan usaha dan perhitungan.   

Ihdiannaja, Mahasantri CSSMoRA ITS yang meraih dua kemenangan dalam lomba IDEAthon

Mahasantri CSSMoRA ITS Raih Dua Kemenangan dalam Lomba IDEAthon  Naja sendiri merupakan mahasiswa dari Departemen Informatika di Fakultas Elektoronika dan Informatika Cerdas yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Kepengurusan CSSMoRA ITS periode 2019/2020. Naja berpesan kepada seluruh mahasantri CSSMoRA agar tetap meningkatkan produktifitas dalam berkarya serta selalu menjaga kesehatan jasmani dan rohani selama pandemi Covid-19 berlangsung “Tetap produktif dan tetap jaga kesehatan, apapun masalahnya #curhatinaja” kata Naja sekaligus menyebutkan tagline khas tim Curhatin. 

0 comments