Abdi Pesantren, Simulasi Pengabdian ke Pesantren oleh CSSMoRA ITS

24/07/2020 by

Abdi Pesantren, Simulasi Pengabdian ke Pesantren oleh CSSMoRA ITS

Pada tanggal 23 November 2019, CSSMoRA ITS kembali melakukan kegiatan Abdi Pesantren sebagai salah satu sarana pengabdian bagi Mahasantri selagi menuntut ilmu di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Pada tahun ini, kegiatan Abdi Pesantren (ABSEN) dilakukan pada Pondok Pesantren Qomaruddin di Kota Gresik. Mahasantri CSSMoRA ITS mengamalkan beberapa ilmunya melalui materi yakni robotik, desain, karya tulis ilmiah, dan manajemen ormawa. Disamping itu, ajang silaturrahim juga menjadi tujuan penting Mahasantri CSSMoRA ITS dalam pengabdiannya di Pondok Pesantren Qomaruddin Gresik ini dan CSSMoRA ITS juga belajar berbagai ilmu kesantrian dari pihak pondok. Dengan adanya kegiatan saling berbagi ilmu, ikatan silaturrahim juga dapat terbentuk dengan sangat kuat.  

Abdi Pesantren sendiri merupakan salah satu kegiatan besar bagi CSSMoRA ITS dalam belajar melaksanakan pengabdian bagi mahasantri kepada pondok pesantren yang telah ditentukan. Pelaksanaan kegiatan ABSEN pada tahun ini bertujuan untuk memberikan kontribusi di bidang sains dan teknologi berdasarkan kebutuhan dari pihak pondok serta menjalin silaturrahim antara Mahasantri CSSMoRA ITS dengan Pondok Pesantren Qomaruddin Gresik.

Acara ABSEN kali ini berlangsung selama 2 hari dengan kegiatan berbagi ilmu robotik, desain, karya tulis ilmiah, dan manajemen ormawa. Untuk materi robotik kegiatannya adalah membuat robot line follower sebanyak 3 unit, materi desain mengajarkan penggunaan perangkat lunak desain melalui editing foto dan pembuatan desain grafis, materi karya tulis ilmiah berisi tentang bagaimana struktur karya tulis ilmiah yang baik dan juga tata cara penggalian ide yang tepat. Sementara itu, kegiatan manajemen ormawa dilakukan melalui kegiatan diskusi dan sharing bersama pihak Badan Eksekutif Mahasiswa Mahad Aly Qomaruddin Gresik. Acara ini selesai pada tanggal 24 November 2019 dengan penutupan bersama para pimpinan dan pelajar dari pondok pesantren tersebut. Sebelumnya, acara ini juga dibuka secara resmi dengan dihadiri para pimpinan pondok beserta beberapa pelajar. Penutupan diakhiri dengan kegiatan foto bersama hingga pukul 12.00 siang, Mahasantri CSSMoRA ITS kembali ke Kota Surabaya membawa pengalaman serta rasa bangga akan pengabdian kepada Pondok Pesantren Qomaruddin Gresik. Dengan terlaksananya Abdi Pesantren tahun ini, Mahasantri CSSMoRA ITS diharapkan semakin meningkatkan semangat pengabdiannya kepada masyarakat terutama kepada pondok pesantren yang ada di Indonesia.

0 comments