Santri Inovator: Inovasi Teknologi dari Santri untuk Indonesia Berdikari

Santri Inovator: Inovasi Teknologi dari Santri untuk Indonesia Berdikari

Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam dengan system pendidikan klasik untuk menguasai ilmu agama Islam secara detail. Melalui sistem pendidik, sistem seperti ini, pesantren menjadi cikal bakal dilahirkannya generasi pendidikan yang berkarakter dan bisa dijadikan pedoman pengabdian dalam keseharian masyarakat. Berbicara mengenai pengabdian, maka itu merupakan salah satu asas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dianut oleh mahasiswa. Asas tersebut tak terkecuali untuk CSSMoRA ITS hal ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat dan mempersiapkan diri dalam mengabdi di Pondok asal, maka CSSMoRA ITS harus diberi akses untuk belajar mengabdi ke Pondok Pesantren sebagai bentuk pra pengabdian.

Oleh karena untuk merealisasikan hal tersebut, maka CSSMoRA ITS menyelenggarakan Abdi Pesantren untuk menstranfer berbagai pengamalan ilmu SAINTEK sebagai bentuk pra pembelajaran sebelum implementasi di pondok pesantren asal. diharapkan kegiatan ini dapat membawa manfaat seterusnya sebagai salah satu langkah konkrit.IMG-20151201-WA0028Kami melakukan pengabdian pada PP. Nurul Jadid Probolinggo, Pengabdian yang dilakukan dibagi pada tiap fakultas yakni Fakultas Teknologi Industri yang memberikan pembelajaran tentang robot Light Follower dengan merangkain robot dan seluruh harus dirangkai santri sesuai dengan instruksi. Robot tersebut merupakan robot yang bergerak secara otonom mengikuti cahaya yang diarahkan kebagian sensor yang akan mendeteksi besar kecilnya intensitas cahaya, kemudian diteruskan ke transistor untuk diolah dan akan menentukan tindakan yang dilakukan, sistem penggerak yang digunakan adalah motor DC untuk menggerakkan roda sesuai cahaya yang diterima sensor.

Kemudian Fakultas Teknologi Informasi yang memberikan pembelajaran JIBAS (Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah), guna dari Sitem Informasi ini adalah membangun jaringan informasi dan komunitas pendidikan yang bisa mewadahi interaksi dan aktifitas setiap elemen pendidikan dari siswa, guru, orang tua, sekolah, yayasan, pemerintah dan masyarakat umum. Pengabdian ini ditujukan kepada dosen pengembang Aplikasi di Universitas Nurul Jadid, Karyawan/TU dan Guru SMK dan TIK. Dikarenakan keterbatasan infrastruktur server dll seperti masalah teknis dan non teknis maka sistem informasi pada pondok ini masih tertunda pada implementasinya.

Sedangkan Fakultas Teknik Sipil yang bergabung dengan Fakultas Matematika dan IPA memberikan pembelajaran mengenai Elecrical Harvesting yang merupakan pengganti kebutuhan akan sumber daya konvensional dan kabel atau baterai pengganti serta menggunakan energi lingkungan untuk menggantikan daya. Pengabdian selanjutnya adalah Pemetaan Sumber Daya Air, Pengolahan Air dan Limbah. Pengabdian tersebut adalah mengukur seberapa air yang sehat dan boleh dikonsumsi.

Kami juga mendapat materi dari PP. Nurus Jadid yaitu Materi tersebut berupa pemaparan pengolahan sampah menjadi suatu kreativitas kesenian yang unik yang disebut “Bank Sampah”, pengelolaan sampah yang tepat tersebut dengan hasil sampah dititipkan di Bank Sampah untuk diolah menjadi berbagai macam peralatan rumah tangga, aksesoris, bunga, tas dan lain sebagainya. Hal itu merupakan inspirasi yang luar biasa bagi kami. Setelah kegiatan tersebut usai, maka serangkaian acara pengabdian dicukupkan.